Selasa, Februari 28, 2012

////

Apple dan Facebook Tidak Ingin Bermusuhan

KOMPAS.com - Apple selama ini dikenal sebagai perusahaan yang cukup agresif melakukan gugatan kepada perusahaan pembuat perangkat mobile, lantaran Apple mengklaim perusahaan lainnya sering menyontek desain dan teknologi yang dipelopori Apple.

Sebut saja beberapa yang sering "ditemui" Apple di meja pengadilan, seperti Motorola, Samsung, Microsoft, dan HTC. Namun, kepada perusahaan berbasis web, Apple menganggap mereka adalah teman, termasuk Facebook.

Saat rapat umum pemegang saham di kantor Apple di Cupertino, California, Jumat (24/2/2012), seorang audiens mengajukan pertanyaan kepada CEO Tim Cook, apakah Apple menganggap perusahaan web sebagai "teman" atau "musuh"?

"Kami melakukan banyak hal dengan mereka dan banyak sekali pengguna Apple yang juga menggunakan Facebook. Saya selalu berpikir bahwa keduanya dapat berbuat lebih banyak bersama-sama," jelas Cook.

Ia menambahkan, hubungan Apple dengan perusahaan berbasis web ini tidak seperti dengan perusahaan lain. "Kita sering melihat terjadi 'tumpang tindih' yang signifikan dari apa yang telah dilakukan Apple," ucap Cook.

Sepertinya, Facebook pun merasakan hal yang sama. Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Facebook pernah menyatakan bahwa iOS adalah platform penting untuk Facebook dan Facebook memiliki hubungan yang baik dengan Apple.

Namun, bukan tak mungkin di masa depan Facebook pun akan "dimusuhi" oleh Apple. Apabila Facebook punya produk yang "berseberangan" dengan Apple. Bebeberapa waktu yang lalu, memang sempat beredar Facebook akan membuat ponsel khusus untuk mengakses jejaring sosial tersebut.


View the original article here