Selasa, Februari 28, 2012

////

Berdekatan, Lokasi Data Center Apple dan Facebook

Data Center Apple di Maiden, Carolina Utara.

KOMPAS.com - Apple akan membangun data center seluas 160 hektar di Prineville, Oregon AS. Tanah yang dibeli seharga 5,6 juta dollar AS ini berdekatan dengan data center milik Facebook.

Juru bicara Apple Inc, Kristin Huguet membenarkan pembelian lahan di Prineville tersebut. "Kami memang membeli lahan tersebut dan akan menggunakannya untuk data center," ungkap Huguet singkat kepada media.

Namun Huguet tidak menjelaskan secara rinci, data center tersebut dibangun untuk proyek apa. Sebelumnya, data center Apple yang didirikan akhir tahun 2011 di Maiden, Carolina Utara, digunakan Apple untuk mendukung layanan iCloud. Apple menginvestasikan 500 juta dollar AS untuk membangun fasilitas backbone iCloud di data center tersebut.

Apple dan Facebook memilih Prineville
Dan Olds, principal analyst di Gabriel Consulting Group mengatakan, wajar jika Apple dan Facebook memilih Prineville sebagai lokasi data center. Prineville, yang teletak di pusat Oregon, merupakan wilayah yang memiliki tempetatur yang tepat untuk sebuah data center. Wilayah itu hangat di siang hari dan dingin di malam hari.

Lahan dan energi di wilayah tersebut itu pun murah dan data center bisa memanfaatkan bendungan air di sungai Columbia untuk menghasilkan listrik dari pembangkit listrik tenaga air.

Facebook membuka data center pertamanya di wilayah ini dan data center tersebut menggunakan sistem pendinginan evaporatif untuk mendinginkan udara.  

Masih di Oregon, namun jauh dari Prineville, Google dan Amazon juga membangun data center. Oregon menjadi wilayah yang dipilih empat perusahaan teknologi ini untuk solusi pembangunan data center.


View the original article here