Selasa, Februari 28, 2012

////

Tiga "Pembicaraan" Hangat di Mobile World Congress 2012

KOMPAS.com - Ajang teknologi Mobile World Congress (MWC) yang diadakan di Barcelona merupakan perpaduan antara pameran industri mobile dan konferensi. Acara ini dihadiri eksekutif dari operator mobile, perangkat, manufaktur, provider, vendor, dan pemilik konten dari seluruh dunia.

MWC sudah digelar sebanyak 4 kali, yakni tahun 2009, 2010, 2011, dan kini tahun 2012. Tahun ini, setidaknya, ada tiga tren teknologi yang akan menonjol di perhelatan yang digelar 27 Februari hingga 1 Maret 2012 ini.

Berikut adalah prediksi tren teknologi mobile di MWC 2012 menurut Matt Warman, Consumer Technology Editor Telegraph,

Perangkat mobile adalah dompet Anda

Perusahaan-perusahaan keuangan dan perbankan mulai berbondong-bondong untuk membuat sistem pembayaran yang bisa dilakukan di perangkat mobile. Google pun mulai mencoba masuk ke sistem pembayaran yang akan menjadi tren di tahun 2012 ini.

Di Inggris dan Afrika, mengirimkan uang menggunakan perangkat mobile juga sudah mulai diberlakukan, termasuk juga cara real-time untuk melacak pengeluaran.

Di Inggris, uang tunai dan kartu kredit akan menjadi masa lalu. Ini menjadi tantangan bagi negara lainnya untuk menerapkan hal serupa.

Google menguasai pasar
Tak bisa dipungkiri, Google mulai menguasai pasar perangkat mobile setelah meluncurkan sistem operasi Android. Pada MWC 2012 pun, sebagian besar pengumuman peluncuran perangkat mobile di Barcelona akan dikuasai oleh platform Android.

Hanya Nokia dan Microsoft yang akan mengumumkan jenis perangkat yang berbeda, namun masih dengan pangsa pasar yang kecil.

Dengan pengambilalihan Motorola oleh Google beberapa bulan lalu, nampaknya akan membawa dampak bagi pangsa pasar Apple di seluruh dunia. Google juga berencana akan bermain di perangkat lunak dan perangkat keras sekaligus.

Pengunjung MWC pun menunggu pengumuman yang akan disampaikan oleh keynote, Eric Scmidt (eksekutif Google). Ironisnya, Apple mengaku tidak khawatir terhadap rencana Google menguasai perangkat keras.

Teknologi mesin ke mesin
Kebanyakan pameran teknologi fokus kepada B2B (business to business) atau B2C (business to consumer), namun di MWC, pameran produk akan banyak berbicara M2M (machine to machine).

Artinya, kini perangkat mobile tak lagi diatur untuk berkomunikasi dengan manusia, melainkan dengan perangkat lainnya.


View the original article here